Daftarkan email kamu untuk mendapatkan tips dan panduannya GRATIS.

Social Items

Daftar Situs Belajar Online Terbaik yang Lengkap, Gratis, dan Mudah Dipahami

Daftar Situs Belajar Online Terbaik
Daftar Situs Belajar Online Terbaik

TipsIM.com - Daftar situs belajar online. Ketemu lagi dengan saya sob di blog TipsIM. Maaf lama tidak posting, maklum anak kuliah banyak tugas sob, jadi sementara blognya dikesampingkan. Hehe. Tapi tenang sob, meskipun saya mengesampingkan blog untuk sementara, bukan berarti saya membiarkan sepenuhnya tanpa update postingan. Saya akan tetap update postingan tapi tidak sesering biasanya.

Nah, di postingan kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai situs belajar online sob. Mungkin sobat akan bertanya-tanya,

"Kenapa membahas situs belajar online? Apakah adminnya kehabisan ide untuk membuat postingan mengenai IM dan blogging?"

Jawabannya "Tidak, sob". Mengapa saya membuat postingan artikel mengenai daftar situs belajar online? 

Yang pertama adalah artikel ini merupakan artikel spesial untuk teman-teman blogger saya yang baik hati kepada saya. Baik secara langsung maupun tidak langsung.

Yang kedua adalah karena saya akan mencoba memberikan jalan akses kepada anda, agar anda lebih mudah dalam belajar. Dengan belajar online, anda akan mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak dan lebih luas tentunya, karena seperti yang kita ketahui bahwa internet itu merupakan sumber pengetahuan yang sangat luas.

Di zaman yang serba canggih ini, kita tidak perlu selalu membawa buku kemana-mana untuk belajar, anda bisa langsung membuka smartphone dan mengakses internet dengan mengetik alamat situs belajar online. Jadi, anda tidak perlu repot-repot membawa buku besar dan berat. Dengan internet anda bisa belajar lebih cepat, lebih mudah, dan juga lebih lengkap.

Lalu, situs apa saja yang bisa dijadikan sebagai tempat belajar? Sebenarnya banyak sob, anda tinggal pilih saja berdasarkan topik. Ya, anda ingin mempelajari tentang apa, tinggal cari di internet dan ketemu deh.

Tapi yang perlu kita ketahui, tidak semua situs belajar online itu terpercaya dan bisa dipercayakan kebenarannya sob. Jadi, kita harus pilah-pilih mana yang tepat untuk kita jadikan sebagai tempat belajar.

Nah, saya merekomendasikan bagi anda yang ingin belajar secara online. Berikut ini daftar beberapa situs online terbaik, lengkap, gratis, dan mudah di pahami sob.

1. Blog Mas Sugeng (Situs belajar blogging)

Bagi anda yang sering berselancar di dunia internet, tentu tidak asing lagi dengan blog mas sugeng ini. Blog yang memiliki alamat Sugeng.id ini membahas mengenai panduan belajar blog secara lengkap. Artikel di blog ini juga mudah di pahami meskipun bagi orang awam atau pemula sekalipun. 

Seperti alamatnya, blog ini milik seorang master blogger bernama Sugeng Riyadi. Di blog mas sugeng ini lebih mendalami pembahasan seputar panduan dan tips-tips blogging yang baik dan benar.

Nah, bagi anda yang ingin belajar mengenai blog, anda bisa langsung kunjungi situs blog mas sugeng di sugeng.id.

2. Panduan IM (Situs belajar Internet Marketing dan SEO)

Situs panduan IM ini merupakan situs yang membahas mengenai panduan-panduan belajar internet marketing. Jadi, bagi anda yang ingin belajar mengenai internet marketing, saya sangat merekomendasikan di situs Panduan IM ini. 

Situs ini milik mas Darmawan, yaitu seorang master blogger profesional dalam bidang Internet Marketing. Sebenarnya dalam situs ini tidak hanya membahas soal IM, tapi juga panduan blogging, lebih khususnya untuk blog wordpress.

Jika anda ingin belajar mengenai Internet Marketing atau belajar blog wordpress lengkap, anda bisa mengunjungi situs panduanim.com.

3. Arlina Design (Situs belajar merenofasi atau mendesain template blog)

Anda suka meng-otak-atek template blog anda? Jika anda suka, saya merekomendasikan blog arlina design ini sebagai sumber referensi belajar anda sob. Di blog arlina design ini membahas mengenai cara-cara atau tutorial memperindah, mendesain, merenofasi, atau menambah asesoris template blog dengan mengedit HTML, CSS, PHP, JS, dan lain sebagainya. Di blog arlina design ini juga menjual berbagai macam template blog blogspot.

Seperti nama alamatnya, blog arlina design ini milik seorang blogger professional bernama Arlina Fitriyani. Namun ada juga yang bilang blog ini milik seorang pria, yaitu kekasih dari mbak arlina. Hanya saja blog tersebut diberi nama sesuai nama kekasihnya yaitu mbak Arlina itu sendiri. Tapi soal kebenarannya saya juga belum begitu paham, yang paling penting adalah isi blognya bermanfaat.

Penasaran dengan blog mbak arlina? Silahkan buka di arlinadzgn.com untuk belajar mengenai pengcodingan blog serta desain template blog.

4. KerjaLebah (Situs belajar mengenai bisnis online, dunia internet, dan smartphone)

Bagi anda yang ingin belajar mengenai dunia internet dan dunia smartphone lebih lengkap lagi, anda bisa memilih tempat belajar online di situs kerjalebah. Di blog ini membahas mengenai tips dan panduan blog, mengenai smartphone, internet, komputer, dan masih banyak lagi. 

Di blog ini juga dapat menuntun anda bagaimana cara berbisnis. Ya, meskipun anda memiliki modal sedikit, anda tetap bisa berbisnis atau membuka peluang usaha. Anda bisa belajar berbisnis dan juga bisa mencari peluang usaha dengan modal sedikit di Daftar Peluang Bisnis dengan Modal Kecil.

Blog ini milik seorang blogger professional yaitu mas Hadad. Anda bisa belajar bisnis internet, atau mencari pengetahuan seputar dunia internet dan aplikasi atau smartphone, silahkan kunjungi kerjalebah.com.

Itulah beberapa situs belajar online yang bisa anda jadikan sebagai tempat belajar anda. Selain mudah dipahami, semua situs di atas merupakan situs belajar yang gratis. Jadi, anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk belajar online di situs tersebut.

Semoga postingan artikel daftar situs belajar online ini bisa bermanfaat bagi anda sob. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca. Semangat belajar sob.

Baca juga Panduan Lengkap Merancang Website.

Post a Comment:

  1. Unknown

    thankz mas, bermanfaat, saya setuju. saya juga sering belajar blog di mas sugeng, artikelnya bersahabat. hehehe

    Balas Hapus
Tambahkan komentar

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini. Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur sara, kekerasan, dan porn. Terima kasih. :)