Daftarkan email kamu untuk mendapatkan tips dan panduannya GRATIS.

Social Items

Panduan Lengkap Belajar Ngeblog untuk Pemula

Panduan Lengkap Belajar Ngeblog untuk Pemula

Panduan lengkap belajar ngeblog untuk pemula. Mendengar kata blog, blogger, atau blogging, mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalangan para master atau mastah yang sudah menjadi makanan sehari-hari. Tapi bagi para pemula, mungkin masih terdengar sedikit asing. Sebab baru tahu namanya saja namun belum paham sepenuhnya tentang blog. Nah, bagi anda yang ingin belajar ngeblog. Saya akan berbagi panduannya berdasarkan pengalaman saya selama ini.

Mungkin jika anda belum begitu paham mengenai blog, ada banyak pertanyaan dari diri anda yang belum sempat terucapkan. Pertanyaan ini pernah terngiang juga dalam hati saya ketika baru mengenal blog. Seperti,

"Apa sih blog itu?"

"Mengapa harus ngeblog?"

"Apa manfaat dari ngeblog?"

"Jika aku ingin ngeblog, dari mana aku harus memulai?" 


Nah, dari beberapa pertanyaan diatas, saya akan mencoba mengulas satu persatu untuk menjawab pertanyaan dengan benar, jelas, dan mudah dipahami oleh anda sob. Sebenarnya saya merasa agak kesulitan untuk menjawabnya. Sebab saya sendiri juga masih newbie. Namun meskipun saya newbie, tidak ada alasan bagi saya untuk berbagi ilmu dan pengalaman saya di dunia blogger ini.

Sedikit curhat nih sob. Berbicara tentang pengalaman saya didunia blogger. Saya mulai mengenal blog pada awal masuk SMA, yaitu tepatnya apda tahun 2011 di MAN Kendal. Di MAN Kendal itulah saya mulai mengenal yang namanya blog dari blogspot. Namun pada saat itu saya belum mengenal apa itu SEO, adsense, maupun kode-kode script pada template. Dengan ketertarikan saya untuk mempelajari blog, akhirnya saya bisa mengenal blog lebih dalam. Tapi dalam waktu tiga tahun itu bukan berarti saya belajar blog terus. Saya sempat putus asa sob karena gak mudeng-mudeng. Saya baru mengenal lebih dalam tentan blog, SEO, maupun pengcodingan yaitu beberapa bulan setelah lulus.  Mulai dari saat itulah saya mulai fokus lagi untuk ngeblog. "Pokokke nak apeh biso yo semangat sob...".

Nah, sekarang tinggalkan curhatan saya sob. Anggap saja itu sebuah angin lewat yang menginspirasi anda. Hehe.. Sekarang berlanjut pada pembahasan artikel saya. Saya akan mencoba mengemas panduan blog ini seringkas mungkin namun tetap pada inti isinya. Tidak bertele-tele sob. Nah, silahkan lihat daftar isinya dibawah ini. Jika ingin membacanya tinggal klik daftar isinya saja.







Blog Itu Apa Sih?

Panduan Ngeblog : Blog itu apa?

Berbicara tentang pengertian atau penjelasan tentang blog. Mungkin di dunia internet sudah banyak yang menyajikannya sob. Tapi biasanya pengertian atau penjelasan yang disajikan dalam artikel itu sulit untuk dipahami bagi para pemula. Nah, saya disini akan menjelaskan sedikit mengenai blog namun lebih mudah untuk anda pahami sob.

Blog adalah salah satu dari sekian banyak website di dunia maya atau internet. Jadi, apapun yang anda lihat didunia internet baik itu yang menyajikan artikel kata-kata, gambar, atau video, itu disebut dengan blog.

"Bisa dicontohkan mengenai blog itu seperti apa saja mas?"

Nah, sebagai gambaran anda dalam memahami blog. Berikut ini saya berikan beberapa contoh blog yang sudah terkenal agar mudah untuk anda pahami. Dalam contoh ini akan saya kelompokkan berdasarkan kategori atau tema blog.

  • Search Engine > contoh: Google.com, Yahoo.com, dll
  • Social Network > Facebook.com, Twitter.com, dll
  • Forum > Kaskus.co.id, Ads.id, dll
  • Portal Berita > Detik.com, Kompas.com, dll
  • Toko Online > Tokopedia.com, Lazada.com, dll
  • Referensi > Wikipedia, dill
  • Pembahasan blog dan SEO > Tipsim.com, Panduanim.com, Sugeng.id, dll
  • Blog anda disini sob :D

"Apa yang membedakan dari masing-masing blog tersebut mas?"

Sebenarnya ada banyak perbedaannya, salah satu yang membedakan adalah fungsi dari blog itu sendiri. Pada umumnya blog digunakan untuk menulis catatan pribadi pada internet. Namun seiring perkembangannya, blog sekarang memiliki banyak fungsi yang bisa dimanfaatkan. Seperti untuk berbagi opini, keperluan politik, keperluan bisni, dan masih banyak lagi sob. Dan itu semua tergantung pada diri sendiri sob. Jika kita dapat memanfaatkan dengan baik, tentu akan menguntungkan bagi diri sendiri dan juga orang lain. Begitu juga sebaliknya.


Anda telah menyelesaikan 1 dari 6 bab
16.67%


Mengapa Harus Blog?

Panduan Ngeblog : Mengapa harus blog?

Mungkin ketika anda mendengar oranglain berkata kepada anda tentang blog, anda langsung ingin bertanya kepadanya.

"Mengapa kamu harus ngeblog?"

Berbicara tentang mengapa. Sebenarnya ada banyak alasan mengapa seseorang memilih jalannya untuk ngeblog. Namun pada umumnya ada dua alasan yang paling kuat. Yang pertama adalah karena hobi. Ya, hobi itulah yang mendorong seseorang untuk terus bermain blog. Yang kedua adalah karena ingin berbagi. Seseorang memiliki pengetahuan dan pengalaman hidup yang luas, dan dari blog itulah ia bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman hidupnya dengan orang lain seluruh dunia.

"Lalu, apa manfaat dari ngeblog mas?"

Manfaatnya sangatlah banyak sob. Beberapa diantaranya seperti yang telah dijelaskan di poin mengapa. Yaitu jika anda ngeblog, anda bisa menyalurkan hobi anda dengan tenang dan penuh kesenangan tanpa ada rasa paksaan. Dan anda pun bisa berbagi sesuka hati anda di dunia internet tanpa ada yang melarangnya. Sedangkan manfaat lain dari blog. Anda bisa menyimaknya dibawah ini.

1. Menjadi seorang penulis yang hebat

Berbicara tentang menulis. Sedikit curhat sob. Dulu awal saya mengenal blog sangat tidak mahir menulis sob. Bahkan menulis pun sering sekali hurufnya ada yang kurang dan kata-katanya sulit dipahami. Sehingga hal ini membuat saya merasa malas untuk menulis. Akibat rasa malas itu, akhirnya saya memilih untuk copas artikel di blog orang lain. Tapi itu sulu sob. Sekarang setelah saya belajar menulis, akhirnya ada sedikit peningkatan. Meski terkadang ada huruf yang kurang atau kalimat yang sulit dipahami. Saya tetap bersyukur sob.

Bagi anda yang memiliki hobi menulis. Ini merupakan peluang bagi anda sob. Peluang besar bagi anda untuk menjadi penulis hebat dan professional. Dengan modal blog, bisa saja tulisan anda nanti bisa dikenal banyak orang didunia maya. Bukan hanya karena jalan cerita dari tulisan itu yang bagus, tapi juga tiap kalimat yang mudah dipahami membuat tulisan anda disukai banyak orang. Tapi jika anda ingin menjadi seorang penulis di blog, anda harus ingat satu hal sob. Anda harus konsisten menulis agar tulisan anda lebih cepat dikenal.

2. Membantu orang lain dengan berbagi

Anda harus tahu hal ini sob. Membantu orang lain bukan hanya di dunia nyata saja sob. Di dunia internet pun anda bisa membantu orang lain secara tidak langsung. Ya, dengan berbagi apa yang anda ketahui, seperti pengetahuan anda tentang suatu hal atau pengalaman anda mengenai suatu hal. Ini akan membuat orang lain merasa senang dan beruntung bisa mendapatkan ilmu dari anda.

Berbicara tentang manfaat ngeblog. Sebenarnya bukan hanya anda sendiri saja yang merasakan manfaat dari blog anda. Orang lain juga akan merasakan apa yang anda rasakan itu. Ya, orang lain dapat mempelajari ilmu yang anda bagikan lewat blog anda. Anda merasa diuntungkan, orang lain juga merasa demikian.

3. Bisa membanggun jaringan dan kepercayaan di internet

Anda menuliskan artikel di internet. Orang lain menilai tulisan anda selalu bagus dan enak untuk dibaca. Dan tulisannya pun mudahu untuk dipahami. Hal inilah yang akan membaut tulisan anda dipercaya banyak orang didunia maya. Bukan hanya tulisan anda saja yang mendapat kepercayaan. Anda pun juga mendapatkan kepercayaan dari banyak orang di intenet.

Nah, setelah orang lain banyak yang tahu tentang tulisan anda, tentu anda akan lebih dikenal. Anda pun akan bisa membangun jaringan yang luas di dunia internet. Dengan memanfaatkan tulisan anda yang enak dibaca. Orang akan berdatangan dan menjadi pengunjung setia blog anda. Tapi anda pun harus konsisten dalam hal itu. Jika tidak, maka orang lain yang tadinya mempercayai anda akan perlahan menghilang.

4. Menghasilkan uang

"Memang dengan blog bisa menghasilkan uang mas?"

Mungkin ketika membaca judul di poin 4. Anda langsung bertanya-tanya seperti pertanyaan diatas tersebut. Anda bisa mengasilkan uang dari blog yang anda kelola. Bahkan ini sangat menjadi peluang besar bagi anda jika tulisan anda mudah dipahami dan enak dibaca. Kalau enak dibaca dan mudah dipahami akan bisa mendatangkan banyak pengunjung. Kalau pengunjungnya banyak, tentu peluang anda untuk menghasilkan uang akan lebih banyak. Sebab uang yang anda dapat dari blog akan mengandalkan banyaknya pengunjung yang datang.

"Bagaimana caranya mendapatkan uang dari blog mas?"

Untukc caranya, saya akan menjelaskannya nanti di poin selanjutnya. Di poin ini hanyalah sedikit gambaran untuk memotivasi anda agar lebih semangat ngeblog. Karena biasanya orang yang mendengar kata "uang" langsung semangat. hehehe...


Anda telah menyelesaikan 2 dari 6 bab
33.33%


Dari Mana Harus Memulainya?

Panduan Ngeblog : Harus mulai dari mana?

Untuk memulainya, tentu anda harus memiliki niat, tekat, dan keinginan yang kuat untuk ngeblog. Niat, tekat, dan keinginan yang kuat inilah yang akan memudahkan anda untuk mulai ngeblog. Jika anda telah memiliki itu semua, kemudian anda harus memiliki blog. Jika anda tak memiliki blog tentu anda tidak bisa melanjutkannya.

"Aku tidak punya blog mas, bagaimana cara membuatnya?"

Untuk membuatnya tidaklah sulit dan sangatlah mudah sob. Anda tinggal ikuti langkah-langkahnya dan langsung jadi. Tapi untuk membuat blog anda juga harus memiliki email terlebih dahulu, yaitu email dari google yaitu GMAIL. Untuk membuat blog pertama anda, anda bisa membaca langkah-langkahnya lengkap di 'Cara membuat blog dengan blogspot geratis'.

Dalam pembuatan blog, anda juga harus bisa menentukan apa saja yang akan anda masukkan dalam blog. Seperti tema, tujuan anda, dan sebagainya. Perhatikan beberapa hal berikut ini jika ingin memulai pembuatan blog.

1. Menentukan tujuan

Jika anda ingin menjadi penulis di blog atau menjadi seorang blogger, yang paling pertama adalah anda harus menentukan tujuan anda. Ya, apa tujuan anda ngeblog? Tujuan sangatlah penting. Sebab ngeblog juga membutuhkan tenaga, waktu luang, dan juga pikiran. Jika anda tidak memiliki tujuan pasti dalam pilihan anda ini, tentu tenaga, waktu, dan pikiran anda akan terbuang sia-sia. Dan satu lagi, anda juga harus bisa konsisten.

2. Menentukan topik

Jika anda telah menentukan tujuan anda menjadi seorang blogger. Sekarang saatnya anda menentukan topik yang sesuai tujuan anda. Anda juga bisa mengambil topik atau tema blog ini sesuai dengan  keahlian anda atau yang anda sukai. Sebab jika anda memilih topik atau tema blog yang bukan keinginan anda atau bukan keahlian anda, kemungkinan besar blog anda tidak akan bertahan lama. Pilihlah topik atau tema yang sesuai dengan keahlian anda atau yang menjadi kesukaan anda.

3. Pilihlah layanan yang cocok untuk ngeblog

Sebenarnya banyak sekali layanan untuk ngeblog yang bisa anda pilih. Antara lain, blogger.com, wordpress.com, tumblr.com, dan masih banyak lagi. Setiap layanan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. Silahkan anda pilih yang menurut anda cocok dan mudah anda pahami. Kalau saya sendiri menggunakan layanan blogger.com. Dan tutorial yang saya bagikan di blog saya ini juga mengenai blogger.com. Soalnya saya belum paham layanan lain selain blogger.com. Menurut saya yang paling mudah dipahami adalah blogger.com.

4. Mulai menuliskan artikel blog

Setelah anda meilih layanan yang menurut anda cocok untuk anda ngeblog. Saatnya anda membuat blog dari layanan tersebut. Jika sudah membuat, sekarang saatnya anda menuliskan artikel blog anda. Saatnya anda mengeposkan artikel yang telah anda tulis. Buatlah artikel yang sesuai dengan topik blog anda. Penulisan artikel ini sangat penting untuk anda lakukan rutin. Sebab sebagian besar hal yang bisa membuat blog anda menjadi paling teratas adalah seberapa sering anda menulis dan mengeposkan artikel. Buatlah artikel yang unik, menarik, dan mudah dipahami oleh pengunjung.

5. Mempercantik blog yang telah anda buat

Setelah anda menulis beberapa artikel, kini saatnya anda mempercantik blog anda sob. Seperti memasang widget yang cocok untuk blog anda. penyesuaian warna template, dan lain sebagainya. Mungkin mempercantik blog ini tidak terlalu penting bagi blogger pemula. Sebab bagi blogger pemula tugas utamanya adalah memperbanyak postingan artikel terlebih dahulu lalu kemudian dipromosikan diberbagai media.


Anda telah menyelesaikan 3 dari 6 bab
50%


Mulai mengembangkan blog

Panduan Ngeblog : Mulai pengembangan blog

Setelah anda berjuang membangun blog anda dan mengisinya dengan berbagai macam artikel. Kini saatnya anda menginjak tahap pengembangan. Namun anda juga harus tetap mengupdate postingan terbaru, sebab penulisan artikel tidak boleh putus sampai kapanpun. Sembari berjalan menulis artikel, sisakan waktu anda juga untuk mengembangkan blog anda.

Tentu anda ingin bukan agar blog anda bisa memiliki banyak pengunjung dan pembaca yang setia? Pada tahap pengembangan ini anda akan belajar tentang bagaimana cara berpromosi dan belajar sedikit mengenai SEO. Perhatikan penjelasan dibawah ini.

 1. Tetap fokus pada konten

Untuk mengembangkan blog anda, yang paling utama adalah konten atau postingan artikel. Sampai kapanpun jika blog anda ingin berkembang dan banyak pengunjungnya, yang harus anda laukan adalah tida boleh putus menulis konten atau artikel. Tentu saja artikel yang anda tulis bukan sembarang artikel. Buatlah artikel yang berkualitas.

"Seperti apa kualitas yang dimaksudkan, mas?"

Artikel atau konten berkualitas yang dimaksudkan disini adalah:
  • Artikel yang banyak dicari oleh para pengunjung atau pengguna internet.
  • Artikel yang dibuat merupakan artikel yang unik, mudah dipahami, original (buatan sendiri), serta tidak ada yang menyamai dengan artikel yang anda buat.
  • Artikel yang dibuat memiliki manfaat bagi pengunjung atau pembaca.

2. SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu teknik yang digunakan para blogger untuk membuat blog atau webnya bisa menjadi yang teratas di halaman mesin pencarian. Teknik SEO ini sangat penting untuk anda pelajari jika anda ingin blog anda memiliki trafik yang tinggi dan banyak pengunjungnya. Bagi para master, Teknik ini wajib dipelajari bagi seorang blogger.

Namun sebenarnya anda tidak perlu sepenuhnya belejar SEO. Anda tidak perlu belajar lebih detail tentang SEO. Yang paling penting adalah anda harus tahu mengenai dasar-dasar SEO. Cukup dengan dasar-dasar SEO anda sudah bisa meningkatkan trafik blog dan mendatangkan banyak pengunjung. Jika anda ingin belajar SEO, silahkan baca Panduan SEO Lengkap untuk Pemula.

3. Blogwalking

Blogwalking adalah suatu kegiatan mengunjungi blog orang lain lalu meninggalkan sebuah komentar. Cara ini biasanya dilakukan oleh para blogger pemula untuk meningkatkan pengunjung blog. Sebenarnya bukan hanya itu saja yang anda dapatkan. Dari kegiatan blogwalking ini anda bisa mendapatkan manfaat lain seperti:

  • Bisa menjalin silaturrahmi dengan para blogger.
  • Mendapatkan backlink atau kunjungan balik dari pemilik blog yang anda kunjungi dan juga pengunjung lainnya.
  • Bisa mendapatkan ide dan inspirasi  yang lebih lus untuk membangun blog anda.

4. Media sosial

Media sosial adalah salah satu sarana yang paling banyak mendatangkan pengunjung blog. Ya, anda bisa memanfaatkan berbagai macam media sosial untuk promosi blog milik anda. Bahkan dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, linkedin, dan lain sebagainya, anda bisa mendapatkan pengunjung lebih cepat dari cara lainnya. Tentunya hal ini juga berkaitan dengan isi konten anda yang harus berkualitas. Meskipun anda promosi jika konten anda tidak berkualitas tentu tidak akan membuahkan hasil maksimal.

5. Social Boarkmarking

Social boarkmarking adalah situs yang digunakan untuk memboarkmark halaman-halaman di internet secara online. Cara ini biasa digunakan para blogger untuk mendapatkan banyak pengunjung. Biasanya cara ini digunakan untuk mendapatkan banyak backlink, yang tentunya berasal dari situs-situs terbaik. Yang sedang populer adalah situs lintas.me. Secara bebas anda bisa mensubmit artikel anda di situs-situs bearkmark tersebut.

6. Forum

Sangat penting bagi anda untuk mengikuti forum-forum tertentu Anda bisa bergabung dengan forum-forum di internet yang sesuai dengan topik atau tema blog sobat. Manfaatkanlah forum tersebut untuk mendapatkan pengunjung dan backlink. Anda bisa aktif membaca untuk mendapat informasi, dan juga aktif mengirim diskusi untuk lebih dikenal banyak pengguna blog di forum tersebut. Dalam diskusi, anda bisa memperkenalkan blog anda dalam forum tersebut dan tentunya bermanfaat untuk mendatangkan pengunjung.


Anda telah menyelesaikan 4 dari 6 bab
66.67%


Kesalahan yang Biasa Dilakukan Blogger Pemula

Panduan Ngeblog : Kesalahan blogger pemula

Bagi para pemula yang baru saja memulai ngeblog dan baru mengenal blog, biasanya banyak melakukan kesalahan yang tidak disadari. Tentu saja kesalahan itu bisa merugikan diri sendiri. Seperti waktu yang terbuang sia-sia dan tidak adanya pengunjung dalam blog.

Berbicara tentang kesalahan blogger pemula, sebenarnya saya juga mengalami hal ini, dan hal ini juga tidak pernah saya sadari. Sebab dulu saya belum mengerti tentang kesalahan yang dilakukan para blogger. Namun setelah saya membaca dari berbagai sumber, saya mengetahui beberapa aktivitas yang memang tidak boleh dilakukan berlebihan pada blog. Apa saja kesalahan itu? Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Terlalu sibuk dengan tampilan blog

Salah satu kesalahan yang sering saya lakukan dan bahkan paling lama saya lakukan adalah sibuk dengan tampilan blog. Ya, dulu saya selalu sibuk menata tampilan blog, mendesain ulang blog, hingga berganti-ganti template blog, dan lain sebagainya. Sampai-sampai saya melupakan kewajiban saya seorang blogger, yaitu menulis artikel.

Namun akhirnya saya tahu kalau hal itu salah. Sebab bisa merugikan diri sendiri. Membuang waktu, tenaga, pikiran, namun tak mendapatkan hasil maskimal. Untuk itu bagi sobat, jangan terlalu sibuk dengan tampilan blog. Yang penting blog anda enak dipandang dan tentunya memiliki banyak artikel berkualitas.

2. Lebih mementingkan kuantitas daripada kualitas

Inilah yang sering dilakukan blogger pemula. Biasanya blogger pemula mengira kalau selalu mengupdate artikel bisa meningkatkan banyak pengunjung. Dan itu memang benar sob. Tapi harus ingat. Lihatlah, apakah artikel yang dibuat benar-benar asli (original) atau hasil dari copas? Apakah artikel itu bermanfaat, atau hanya artikel abal-abalan yang tidak memiliki bobot manfaat? Jika artikel anda tidak manfaat atau hasil dari copas, itu akan percuma sob. Bahkan jika anda mengikuti program periklanan Google AdSense, blog sobat akan terkena banned (DIPECAT) secara tak terhormat. Sayang sekali jika hal itu terjadi.

3. Tidak konsisten

Kesalahan yang satu ini juga sering saya alami. Dan bahkan kesalahan ini sering menghantui saya. Ya, saya diawal-awal ngeblog selalu tidak pernah konsisten. Mungkin sekarang selalu update artikel. Namun beberapa hari kemudian artikel tidak pernah diupdate dan MACET. Lalu baru aktif lagi beberapa bulan kemudian. Dan itu berlangsung lama. Akhirnya blog saya menjadi sepi dan istilah orang jawa menganggap seperti "OMAH SUWUNG" yang tidak ada penghuninya.

Jika anda ingin agar blog anda bisa berkembang. Yang paling penting adalah selalu konsisten. Anda jangan melakukan hal seperti ini (seminggu update artikel rutin, seminggu lagi tidak pernah update. Beberapa bulan update artikel rutin, beberapa bulan lagi tidak pernah update). Hal itu akan bisa merugikan anda dan blog anda. Sama seperti apa yang saya alami. Jadi, tetaplah pegang kunci KONSISTEN anda.

4. Membahas terlalu banyak topik

Mungkin membahas banyak topik bukanlah menjadi masalah besar. Tapi hal ini juga bisa mempengaruhi perkembangan blog anda. Apalagi blog anda masih baru dan masih minim pengunjung. Jika artikel yang anda buat selalu bervariasi, misalnya membahas kesehatan, berita, bola, tutorial blog, agama, dan lain sebagainya, dan itu dijadikan dalam satu blog, itu bisa membuat para pengunjung bingung dan akhirnya sulit untuk menjadi pembaca setia. Pernah mendengar istilah blog gado-gado? Itulah istilah dari blog yang membahas banyak topik.

Bagi anda, meskipun blog anda masih baru atau sudah lama. Sebaiknya membahas satu topik saja. Selain memudahkan pengunjung, juga akan memudahkan perkembangan blog anda. Jika ingin membahas topik lainnya, anda bisa membuat blog yang satunya lagi.

5. Terlalu banyak mencari informasi tapi minim praktek

Inilah yang juga sering dilakukan banyak blogger pemula. Sering mencari informasi mengenai blog hingga hafal dan sangat menguasai tentang blog, tapi tidak pernah atau minim praktek. Ini juga akan percuma. Memang mencari informasi itu sangat penting bagi anda, tapi juga harus diimbangi dengan praktek. Untuk saran dari saya, setiap kali anda mendapatkan informasi mengenai blog, langsung saja anda praktekkan agar anda tidak lupa. Setalah dapat informasi langsung praktekkan. Dengan terus menerus melakukan hal itu, anda akan lebih mahir dan terbiasa dengan praktik.

6. Membuat terlalu banyak blog

Mengapa dalam hal ini tidak boleh membuat dan mengelola banyak blog? Karena sebagian besar blogger khususnya pemula tidak bisa mengelola blog banyak dengan baik. Biasanya hanya berat sebelah dan bahkan akibat tidak bisa mengurus semua blognya, akhirnya blognya mati semua atau tidak keurus semua. Oleh sebab itu dianjurkan bagi anda untuk membuat satu blog saja. Konsisten dan fokus pada satu blog. Kembangkanlah. Jika sudah sukses dari satu blog tersebut, barulah anda mencoba untuk mengelola beberapa blog.

7. Terlalu terobsesi dengan statistik blog

Inilah yang sering terjadi pada blogger yang tidak bisa menahan ambisinya untuk menaikkan trafik atau ranking blog. Sering mengecek jumlah pengunjung, sering mengecek jumlah pagerank, rangking alexa, dan lain sebagainya. Memang pengecekan itu harus dilakukan untuk mengetahui perkembangan blog. Tapi tidak perlu terus menerus dan bahkan setiap waktu dicek. Itu hanya akan membuang-buang waktu anda saja. Lebih baik gunakan waktu itu untuk menulis lebih banyak artikel dan memperomosikan blog anda.

8. Terlalu berambisi untuk mendapatkan uang lebih cepat

Memang hal ini bisa dijadikan penyemangat anda dalam mengembangkan blog anda. Tapi bukan berarti anda langsung berambisi ingin cepat mendapatkan uang dari blog anda. Lihat blog anda, apakah sudah sesuai dengan ketentuan? Apakah sudah memiliki banyak artikel? Apakah sudah memiliki banyak pengunjung setia? Jika tidak, hal itu akan mustahil meskipun anda telah mendaftarkan program blog penghasil uang. Hal itu tidaklah mudah. Tidak ada yang instan didunia blogger. Anda harus usaha mulai dari yang paling kecil dan sederhana. Usaha step by step dengan memegang teguh kunci kesabaran dan kekonsistenan. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa disetiap usaha anda. Dengan begitu, secara perlahan anda akan bisa seperti apa yang anda inginkan.


Anda telah menyelesaikan 5 dari 6 bab
83.33%


Mengcari Uang Penghasilan dari Blog

Panduan Ngeblog : Mendapatkan uang dari blog

Inilah yang paling ditunggu-tunggu oleh para blogger. Ya, mendapatkan penghasilan dari blog yang dikelolanya. Memang tidak mudah. Untuk menjalankan poin ini harus bisa memenuhi atau menguasai poin diatas-atasnya. Jika blog anda telah memenuhi ketentuan yang ada, yaitu seperti memiliki konten berkualitas, pengunjung yang banyak, dan trafik yang tinggi. Ini saatnya anda menjadikan blog anda sebagai mesin pencetak uang. Lumayan bisa buat penghasilan tambahan sob. Hehe..

"Lho, emang blog bisa menghasilkan uang ya mas? Caranya bagaimana??"

Tenang sob, anda bisa memanfaatkan blog anda dengan mendaftarkan di berbagai program periklanan. Seperti program yang disediakan oleh Google yaitu GOOGLE ADSENSE. Dengan mendaftarkan blog anda di program periklanan tersebut, anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari blog anda.

"Apakah program periklanan itu bisa dipercaya mas?"

Memang ada beberapa program periklanan yang terkadang bohong atau menipu. Tapi anda bisa mengikuti program periklanan yang bisa dipercaya yaitu asli produk Google, yaitu google adsense. Google adsense adalah program terpercaya dan bahkan telah membuat banyak orang sukses meraup ratusan juta hanya dengan mengikuti program tersebut.

"Ah masak mas? Aku kok masih ragu dengan perkataanmu?"

Anda tidak percaya sob? Coba anda lihat profil dari beberapa orang sukses hasil dari google adsense. Anda bisa menengok seorang wanita jutawan yang bernama Linda Ikeji. Dia adalah seorang blogger asal Nigeria yang berhasil meraup uang ratusan juta perbulannya. Bahkan hingga 300 juta/bulan hanya dengan memanfaatkan blog geratisan. Namun sekarang blognya telah berganti domain pribadi. Yang tadinya blogspot.com menjadi .com. Anda bisa langsung mengunjungi blognya di alamat http://www.lindaikejisblog.com/.

"Itu kan blogger sukses dari luar negeri mas. Dari dalam negeri mana?"


Jangan salah sob, dari dalam negeri juga banyak, contohnya adalah Eka Lasmana yang memiliki penghasilan ratusan juta perbulannya dari google adsense. Tahukah anda tentang latar belakang eka lasmana dulunya? Sebelum mengenal blog dan google adsense, Eka Lasmana adalah seorang dari kalangan bawah yang suka angon bebek disawah. Dan bahkan ia pun hanya tamat SMP. Namun kini dia bisa membuktikan kalau kalangan bawah yang hanya lulusan SMP bisa menjadi jutawan. Dengan semangatnya mempelajari blog dan dunia marketing seperti periklanan adsense. Kini dia telah menjadi seorang jutawan yang penghasilannya mencapai ratusan juta. Bagaimana? Anda masih saja tidak percaya kalau anda bisa mendapatkan penghasilan dari blog geratisan yang anda miliki?

JIKA TIDAK PERCAYA LANGSUNG TONTON VIDEONYA MAS EKA LASMANA disini.

Video itu berisi tentang wawancara Mas Eka dan dijelaskan mulai dari sebelum menjadi blogger hingga sekarang menjadi blogger master jutawan.

Kisah dari beberapa blogger sukses ini bisa menjadi motivasi anda dalam membangun blog. Kesuksesan blogger tidak lepas dari yang namanya usaha dan doa. Jika mas EKA yang hanya lulusan SMP saja bisa menjadi seorang jutawan blogger, Mengapa anda tidak? Cobalah dan bersemangatlah. Ingat, usaha anda tidak akan mengecewakan anda jika itu sungguh-sunggu anda lakukan.

Demikian artikel saya mengenai Panduan belajar ngeblog untuk pemula. Jika anda ingin bertanya, silahkan tuliskan komentar atau langsung contact sob. Semoga artikel panduan saya bisa bermanfaat bagi anda. Terimakasih sudah membaca sob. SALAM BLOGGER SEJATI..!


Anda telah menyelesaikan 6 dari 6 bab
100%


Post a Comment:

  1. Cepi Ali Anwari

    Cukup lengkap panduannya mas.. Terkadang terlalu berambisi menghasilkan uang dari blog secara instant masih menjadi momok menakutkan dikalangan blogger, terutama teman2 yang baru mengenal dunia blogging. Bisa-bisa menjadi bumerang buat blognya sendiri. Bukan begitu mas? Hehe..
    Ulasannya menarik nih, terimakasih sudah berbagi. Salam blogger

    Balas Hapus
    • kholis

      memang begitu mas. Biasanya orang belajar blog yang pertama hanya ingin mendapatkan uang, uang, uang.
      Di awal masa belajarnya sangat bersemangat. Tapi setelah tahu kalau ternyata prosesnya lama dan tidak kunjung mendapat uang, akhirnya putus asa.
      Sebenarnya si bukan masalah kalau tujuannya untuk mencari uang. Tapi sebisa mungkin bagaimana caranya agar apa yang menjadi tujuan kita itu bisa menjadi sebab kita selalu semangat ngeblog. hehe..
      .Sama-sama mas, salam blogger juga.

      Hapus
    Balas
  2. ngotik

    Kebanyakan sih ingin cepat mendapatkan duit yang banyak dari google,jadi lebih banyak kuantitas namun salah teorinya kuantitas belakangan namun kualitasnya terlebih dahunu lalu masukan artikel atau konten yang banyak(kuantitas)

    Balas Hapus
    • kholis

      memang benar, ambisi untuk cepat mendapat duit terkadang membuat para blogger melupakan kualitas dari artikel yang diposting. Yang dipikirannya hanya memperbanyak postingan untuk cepat dapat duit.
      Padahal kualitas juga diperlukan, bahkan kualitas harus didahulukan dibandingkan kuantitas. Meskipun kuantitas masih kurang, tapi kalau kualitasnya bagus, pengunjung akan datang ke blog kita berulang kali karena mereka merasa postingannya berkualitas dan bermanfaat.
      .
      terima kasih sudah memberikan tanggapan.

      Hapus
    Balas
  3. Unknown

    Very good info. Lucky me I discovered your site by chance (stumbleupon). I have book-marked it for later! gmail login

    Balas Hapus
  4. BELAJAR QIROAH SAB'AH

    waoww.. lengkap sekali. Thanks ilmunya mas. Semoga bermanfaat.

    Balas Hapus
  5. Anisa Maharani

    Mudah dipahami panduannya, dan bahasanya pakai bahasa santai, bahasanya bersahabat,,
    Thanks. smoga brmanfaat ya,,

    Balas Hapus
    Balas
  6. Veriza

    Kenapa prosesnya ngeblog dari awal itu lama mas? Sedangkan kita sendiri terkadang tidak sabar untuk mendapatkan hasilnya. Bagaimana agar kita bisa konsisten ngeblog sampai benar-benar mendapatkan hasil?
    Saya masih kesulitan dengan itu mas,.

    Balas Hapus
    • kholis

      Kalau soal itu kembali pada diri masing-masing mas.
      Jika memang ingin mendapatkan hasil maksimal dari ngeblog, masnya juga harus usaha maksimal.
      Yang paling utama adalah konsisten dan jangan malas ngetik artikel mas.
      Untuk menambah semangat, carilah motivasi yang kuat.

      Hapus
    Balas
Tambahkan komentar

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini. Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur sara, kekerasan, dan porn. Terima kasih. :)