Daftarkan email kamu untuk mendapatkan tips dan panduannya GRATIS.

Social Items

Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Google AdSense

Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Google AdSense
Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Google AdSense

TipsIM.com - Cara mendapatkan uang dari google adsense. Google AdSense, bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata itu. Ya, terutama bagi kalangan para master yang sudah mendapatkan miliyaran dari program periklanan tersebut. Sebelum membahas bagaimana cara menghasilkan uang dari google adsense, tentu anda harus tahu terlebih dahulu apa itu google adsense. Karena mungkin bagi para pemula, nama google adsense masih terdengar asing di telinga. Sebab itu harus paham terlebih dahulu tentang google adsense.

Apa Itu Google AdSense?

Google AdSense adalah suatu program yang disediakan oleh google bagi para pengguna internet khususnya bagi yang memiliki website atau blog baik itu web besar maupun kecil untuk memperolah penghasilan tambahan atau memperoleh uang seacar geratis dengan cara menampilkan iklan google yang bertarget di situs web mereka.

Iklan google yang ditampilkan berasal dari para pengiklan atau perusahaan yang ingin mengiklankan produknya di google, yang kemudian mendaftarkan iklannya di google adword, lalu ditampilkan di google adsense melalui situs web dari para pengguna internet yang telah terdaftar di google adsense.

Google adsense merupakan solusi monetisasi blog yang banyak dipakai ole para blogger saat ini. Banyak orang yang berbondong-bondong berusaha menghasilkan uang dari internet dengan mengikuti program google adsense ini. Sejak tahun 2012 lalu ketika google adsense sudah mensupport blog/wesite berbahasa Indonesia, adsense semakin populai dan semakin ramai dikalangan masyarakat khususnya Indonesia 

Bagaimana Cara Kerja Google AdSense?

Alur dari Google adsense adalah: Yang paling pertama yaitu anda harus memiliki blog atau website, karena di web atau blog itulah nantinya anda akan mendaftarkan program google adsense dan menayangkan iklannya. 

Setiap iklan yang tayang di blog atau web anda akan bisa mendatangkan pundi-pundi uang, yaitu jika iklan tersebut diklik. Setiap kali ada pengunjung yang melakukan klik pada iklan adsense di blog anda, maka anda akan mendapatkan uang dari hasil klik tersebut. Berapa penghasilan yang anda dapat per klik iklannya? Penghasilan ini tergantung dari pihak yang mengiklankan. Jika pengiklan berani membayar tinggi, maka bisa saja per klik anda mendapatkan Rp5000,-.

Namun biasanya rata-rata kalau di Indonesia perklik rata-rata seribunan, bahkan bisa kurang. Karena pengiklan dari Indonesia hanya berani membayar sedikit. Itu sebabnya kita juga dapatnya sedikit. Kecuali kalau artikel yang kita buat berbahasa inggris, kemungkinan iklan yang akan muncul adalah iklan google adsense dari luar negeri yang berani membayar banyak.

Perlu anda ingat dalam program Google AdSense ini, pemilik web tidak diperkenankan untuk mengeklik iklannya sendiri. Google bekerja sangat teliti dengan pengeklikkan iklan ini. Terutama bagi blog yang baru terdaftar google adsense, sebab masih minim pengunjung. Kalau kliknya banyak berarti itu di klik sendiri.

Pihak google bisa membaca setiap IP komputer atau perangkat yang digunakan untuk mengeklik iklan. Jika IP yang mengeklik hanya itu-itu saja dan mengekliknya pun berkali-kali tentu akan dicurigai oleh pihak google. Jika terjadi hal ini, maka kemungkinan besar akun google adsense anda akan terkenda pelanggaran, banned, atau pemblokiran.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Google AdSense?

Untuk mendapatkan uang dari google adsense bisa dibilang tidak mudah. Tapi hal ini bisa dilakukan kalau benar-benar ada niat. Banyak para pemula yang telah membuktikannya. Harus dengan usaha, karena program ini tidak bisa dilakukan secara instan. Harus dengan tahap yaitu step by step. Harus benar-benar mengikuti ketentuan yang ada dan tidak boleh melanggar ketentuan yang ada. Nah, untuk mendapatkan uang dari google adsense adalag sebagai berikut:

1. Mulai membangun sebuah blog atau website

Membangun Website untuk Google Adsense
Membangun Website untuk Google Adsense
Anda bisa memulainya dari awal, yaitu membuat sebuah blog atau website. Untuk membuatnya, anda tidak perlu langsung membuat website besar-besaran. Lakukan dari awal secara perlahan. Anda bisa memanfaatkan penyedia web atau blog geratis seperti blogspot, wordpress, atau yang lainnya. Buatlah sebuah blog dan usahakan dengan satu tema. Misalkan, bila anda merupakan seseorang yang pandai masak, anda bisa membuat blog dengan tema resep masakan atau cara memasak. Dengan mengkhususkan tema ini akan lebih mempermudah menaikkan kepopularan blog atau web anda. 


Saat membangun atau membuat blog, hindari pembuatan blog yang biasa-biasa saja. Buatlah blog yang bisa menjadi peringkat nomor satu pada mesin pencari google. Jika anda membuat blog tentang resep makanan, maka buatlah blog yang terbaik tentang resep makanan. Kembangkan blog tersebut agar blog anda bisa menjadi yang terbaik yang membahas tentang resep makanan. 

Memang tidak mudah, tapi dengan menjadi nomor satu ini, blog anda akan lebih dikenal luas dan bahkan menjadi rujukan bagi banyak orang. Ketika blog anda menjadi rujukan banyak orang, tentu trafik bloh anda akan semakin naik dan lebih terkenal. Lihatlah web-web yang telah mendunia seperti Kompas.com, Detik.com, Kaskus, dan lain sebagainya.

Web tersebut bisa dikenal luas karena telah melakukan cara step by step dari awal hingga akhirnya mendapatkan pengunjung yang banyak bahkan hingga jutaan pengunjung.

2. Membangun Follower/ Pembaca Setia dari Blog Anda

Menarik Pengunjung Blog
Menari Pengunjung Blog
Dalam membangun website, tidak cukup jika hanya mengandalkan website yang bagus dan luar biasa. Karena akan percuma bila tidak ada pengunjungnya. Sangat penting bagi blog anda untuk bisa mendatangkan pengunjung setia. Mengapa harus pengunjung setia?

Diharuskan mendatangkan pengunjung atau pembaca setia bagi para blogger atau pemilik web, karena semakin banyak pembaca setia di blog anda akan semakin tinggi pula trafik blog anda. Dan ini perlu selalu anda ingat. Dalam menghasilkan uang dari blog yang terdaftar google adsense, trafik yang tinggi sangatlah penting. Semakin tinggi trafik blog kita akan semakin banyak pula peluang klik iklan serta semakin banyak pula peluang anda mendapatkan uang melimpah.

Lalu bagaimana caranya agar blog anda memiliki banyak pengunjung dan pembaca setia? Yaitu dengan menyajikan konten-konten atau artikel yang berkualitas, mudah dipahami, dan juga memiliki sumber yang pasti kebenarannya.

Karena jika tak ada sumber yang kebenarannya pasti, biasanya pengunjung enggan untuk menjadikannya sebagai referensi atau patokan. Lihatlah blog atau website besar yang telah popular. Blog atau web tersebut dicintai banyak pengunjung karena menyaikan konten yang berkualitas dan bermanfaat.

3. Melakukan Pendaftaran, Pemasangan Iklan, dan Pengoptimalan

Daftar Google Adsense
Daftar Google Adsense
Setelah anda berhasil membuat blog yang isi kontennya berkualitas dan memiliki banyak pengunjung serta pembaca yang setia. Sekarang saatnya anda mendaftarkan blog anda di program Google AdSense. Dari sinilah anda mulai untuk lebih serius lagi dari seblumnya. Karena untuk mendaftarkan blog ke program google adsense bisa di bilang susah-susah mudah. Tergantung blog yang dimiliki.

Untuk mendaftarkan blog anda pada google adsense, anda harus memiliki artikel minimal 20 - 30 artikel. Jika jumlah artikel anda telah memenuhi angka tersebut, anda silahkan kunjungi halaman pendaftaran google adsense disini. Jika telah melakukan pendaftaran, silahkan tunggu email dari google tentang persetujuan kalau anda berhasil dierima. Jika gagal, silahkan ulangi lagi.

Jika anda masih bingung, kunjungi Panduan Cara Daftar Google AdSense Mudah Diterima

Setelah anda berhasil mendaftar dan diterima sebagai publisher, anda tinggal copy paste  kode html yang telah disediakan oleh pihak google di halaman google adsense akun anda. Anda bisa memilihi iklan sesuka anda, apakah ingin yang hanya teks saja atau disertai gambar. Namun anda harus mengikuti aturan pemasangan iklan google.

Setalah anda memasang iklan, barulah anda melakukan pengoptimalan. Optimalkan blog dan iklan adsense anda sebaik mungkin. Anda bisa mulai lebih serius dan lebih giat mengupdate artikel anda agar lebih banyak mendapatkan pengunjung.

Demikian artikel tentang cara mudah mendapatkan uang dari google adsense. Bagaimana mudah tidak? Jika anda punya pertanyaan atau saran, anda bisa tuliskan di komentar atau langsung di contact form. Teruslah mencoba hingga anda menemukan titik kecerahan. Seorang blogger sejati tidak akan pernah mengenal putus asa dalam kegagalan. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.

Post a Comment:

Tambahkan komentar

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini. Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur sara, kekerasan, dan porn. Terima kasih. :)