Daftarkan email kamu untuk mendapatkan tips dan panduannya GRATIS.

Social Items

Inilah Rahasia Daftar Google AdSense Agar Mudah Diterima

Rahasia cara daftar google adsense agar mudah diterima. Membaca judulnya saja mungkin sudah membuat anda penasaran ya? Hehe.. Sebenarnya ini bukanlah rahasia sob, hanya berbagi pengalaman bagaimana cara mendaftar google adsense. Kalau ini beneran rahasia, ngapain saya bagi-bagi, berarti bukan lagi rahasia kalau dibagi-bagikan. :D

 Rahasia Daftar Google AdSense
 Rahasia Daftar Google AdSense

Meskipun ini bukanlah rahasia, semoga bisa memberikan manfaat bagi anda dan bisa menuntun anda bagaimana cara mendaftar google adsense yang benar. Namun sebelum membahas bagaimana cara mendaftar google adsense, anda harus paham dan mengerti terlebih dahulu apa itu google adsense dan bagaimana alur kerjanya. Ini bertujuan agar anda nantinya lebih mudah dalam melakukan pendaftaran sob.

Oke langsung saja, pengertian dari google adsense itu sendiri adalah suatu program periklanan dari google yang menggunakan sistem pay per klik atau biasa disebut dengan PPC. Program periklanan ini sangatlah digermari oleh kalangan publisher Indonesia untuk memonetesi situs yang mereka miliki. Memang dulu masih sedikit web dari Indonesia yang terdaftar di program google adsense. Namun setelah Google mendukung website berbahasa Indonesia di tahun 2012, para blogger langsung berbondong-bondong untuk mendaftarkan blog mereka di program google adsense. Namun sayangnya untuk mendaftarkan blog di program periklanan ini tidaklah mudah. Butuh usaha keras, kesabaran yang tinggi, dan tentunya niat yang tak pernah putus. Jika sering ditolak pun harus terus berusaha dan instropeksi kesalahan sebab penolakan. 

Untuk pengertian lebih lanjut cara kerja mengenai google adsense bisa klik disini.

Mungkin pendaftaran google adsense yang dulu dengan yang sekarang sangat berbeda. Dulu mungkin lebih mudah dari sekarang. Sebab dulu yang melakukan pendaftaran masih sedikit, dan sistem perseleksiannya pun tidak secanggih sekarang. Namun, seiring perkembangan teknologi internet semakin maju, banyak terjadi perubahan pada pelayanan mereka. Bahkan penyeleksian pendaftarannya pun sekarang lebih ketat daripada yang dulu. Ini suatu peringatan bagi kita yang ingin mendaftar agar lebih dimaksimalkan terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran. Ya, ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan dan anda perhatikan sebelum mendaftarkan blog anda di program google adsense. Nah, silahkan simak apa saja hal yang perlu diperhatikan?

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Daftar Google AdSense

Anda sudah pernah mendaftar program periklanan dari google ini? Bagaimana hasilnya, apakah anda berhasil? Atau malah ditolak terus? Jika anda selalu ditolak, mungkin anda sebelumnya tidak memperhatikan beberapa hal penting yang seharusnya anda perhatikan. Ya, sebelum melakukan pendaftaran, perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Artikel lolos Copyscape

Copyscape. Apa itu copyscape? Mungkin bagi anda yang baru saja mendengar nama ini langsung bertanya-tanya apa itu. Copyscape adalah salah satu situs yang menyediakan fasilitas bagi pengguna web untuk menyeleksi atau mengetahui apakah web milik mereka terindikasi copy paste atau tidak. Jika terindikasi copypaste maka akan terlihat dan tertulis keterangan bahwa web tersebut telah terindikasi copy paste. Dan artikel yang terindikasi pun akan muncul. Artikel yang mana saja dan copy paste dari situs mana saja. Jadi akan terlhat darimana anda mengcopy paste artikel tersebut.
Bila anda ingin mengecek blog atau web anda, silahkan buka situs http://www.copyscape.com/.

2. Memiliki banyak konten atau artikel

Jika anda ingin mendaftarkan blog anda ke program Google AdSense, yang perlu anda perhatikan adalah jumlah artikel yang ada di blog anda. Sekarang berapa jumlah artikel atau konten di blog anda sob? Jika masih dibawah 20, maka akan kemungkinan kecil blog anda diterima Google Adsense sob. Cobalah untuk memperbanyak artikel lagi, setidaknya minimal 20-30 artikel. Itupun kalau blog anda sudah memenuhi kriteria dari ketentuan google. Meskipun artikel anda banyak, tapi blog anda tidak memenuhi kriteria, tentu akan sulit untuk diterima sob.
Berbicara tentang artikel, anda juga harus memperhatikan kualitas dari artikel yang anda buat sob. Anda harus membuat artikel yang berkualitas. Maksud dari berkualitas adalah artikel yang bermanfaat, unik, mengundang penasaran, dan pastinya mudah untuk dipahami para pembaca. Anda juga harus memperhatikan SEO pada artikel anda. Ya, cara penulisan artikel yang SEO agar mudah diterima google.

Jika anda ingin belajar menulis artikel yang SEO Friendly, silahkan baca Cara membuat artikel yang SEO Friendly .

3. Blog anda memiliki banyak pengunjung

Banyaknya pengunjung pada blog juga sangat berpengaruh diterima atau tidaknya pada pendaftaran sob. Jika pengunjung blog anda masih sedikit, maka akan kemungkinan kecil anda diterima. Anda harus rajin mengecek berapa banyak pengunjung blog anda setiap harinya. Bukan hanya sekedar mengecek, setelah mengecek anda harus juga melakukan cara untuk memperbanyak pengunjung. Ini berkaitan dengan trafik blog. Jika pengunjung sedikit, trafik blog tentu akan rendah, dan google adsense tidak mau menerima blog yang trafiknya rendah. Lalu bagaimana cara menaikkan trafik blog? Nanti akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Tips Agar Mudah Diterima Google AdSense

Sebelum anda mendaftar di Google AdSense, alangkah baiknya anda membaca tips ini. Ini berkaitan dengan kebijakan dan ketentuan dari pihak google dan juga bagaimana cara anda membuat artikel berkualitas. Anda akan lebih mudah diterima jika anda telah memahami tips berikut ini:

1. Bacalah kebijakan dari Google AdSense

Kebijakan dari google adsense sangat penting untuk anda ketahui. Karena ini menyangkut diterima atau tidaknya blog anda. Sebab didalam kebijakan ini berisi tentang kebijakan, peraturan, dan larangan dari pihak google. Kebijakan ini bukan hanya berlaku saat anda ingin mendaftar saja, tapi berlaku selama anda menjadi member atau anggota google adsense. Jika anda tidak paham kebijakan ini, mungkin saja anda nanti melakukan kesalahan yang akan membuat akun adsense anda terkena banned atau diblokir.
Untuk memahami kebijakan google adsense, anda bisa baca Kebijakan Google AdSense.

2. Buatlah konten yang berkualitas

Buatlah konten yang memiliki bobot kualitas tinggi. Apa yang dimaksud konten yang berkualitas? Mungkin pertanyaan ini sudah terjawab di penjelasan atas tadi. Jadi disini saya akan membahas kelanjutannya saja. Konten yang berkualitas adalah konten yang juga memenuhi standar kelengkapan. Apa yang dimaksud dengan standar kelengkapan?
Mungkin banyak yang bilang kalau blog masing-masing telah diisi banyak artikel tetapi masih saja ditolak oleh google. Itu mungkin karena mereka belum memahami kelengkapan dan juga artikel yang berkualitas itu seperti apa. Nah, berikut ini tips yang perlu anda pahami:

a. Kelengkapan konten atau artikel

Dalam membuat artikel anda perlu memperhatikan keunikan, manfaat, dan juga topik dari artikel tersebut. Namun anda juga harus memperhatikan kelengkapan dari artikel yang anda buat. Seperti terdapatnya gambar, audio, video, atau table dalam artikel. Hal ini akan lebih mempermudah anda diterima google adsense. Tapi anda tetap harus ingat, yang paling utama adalah artikel mudah dipahami dan bermanfaat.

b. Perhatikan peran media sosial

Mungkin anda masih ragu seberapa besar keunikan dan manfaat dari artikel yang anda buat. Anda bisa mengandalkan media sosial untuk membantu mengecek keunikan dan besarnya manfaat artikel anda. Cobalah untuk selalu mempromosikan artikel anda di media sosial. Jika banyak pengguna media sosial yang melakukan like atau share, itu berarti artikel anda bermanfaat dan unik.

3. Perhatikan kelengkapan blog

Anda juga perlu untuk memperhatikan kelengkapan dari blog anda. Asesoris dalam blog seperti widget jug harus anda pasang. Ini bertujuan agar pengunjung lebih mudah dan lebih nyaman singgah di blog anda.

a. Halaman pendukung

Halaman pendukung seperti about, contact, privacy, dan disclaimer. Itu juga sangatlah penting. Selain mempermudah pengunjung mengetahui tentang blog anda, juga bisa membantu anda lebih cepat diterima oleh google adsense. 

b. Menu navigasi

Menu navigasi juga perlu anda buat. Ini bertujuan untuk mempermudah pengunjung dalam mencari konten atau artikel yang dibutuhkan. Untuk pembuatan menu navigasi, sebaiknya anda memasang link yang langsung menuju pada artikel anda, tidak pada kategori ataupun label. 

c. Widget

Widget bukan hanya mempermudah pengunjung saja, tapi juga mempercantik tampilan blog anda. Jika blog anda cantik, tentu pengunjung akan betah berlama-lama di blog anda. Widget apa saja yang perlu dipasang? Sebaiknya anda tidak usah memasang widget berlebihan sob, yang penting-penting saja seperti popular post atau recent post, label, profil google+, dan arsip. Cukup itu saja agar blog anda tidak terlalu ramai.

d. Link keluar blog

Anda juga perlu memasang link pada artikel anda, selain link internal yang menuju blog anda sendiri, juga link eksternal yang menuju blog atau web lain. Tentunya link tersebut ditujukan pada web yang memiliki pembahasan sama dengan blog anda. Tapi usahakan blog atau web tujuan yang memiliki rank tinggi ya sob. Ini bisa mendongkrak pagerank blog sobat.

e. Umur blog

Mungkin kalau umur blog masih menjadi keraguan bagi para master apakah mempengaruhi pendaftaran atau tidak. Banyak yang membuktikan kalau umur blog masih sedikit tapi bisa diterima google. Tapi banyak juga yang umurnya lama tapi masih saja ditolak google. Tapi setidaknya jika anda ingin mendaftarkan google adsense, pilih blog yang umurnya sudah aga lama dan tentunya memiliki banyak artikel dan pengunjung. 

f. Template

Berbicara tentang template, anda perlu menggunakan template yang simple, tidak ribet, enak dipandang, cerah, rapi, tidak terlalu ramai, dan pastinya bisa membuat pengunjung betah. Itu template yang perlu anda pilih. Dan satu lagi, pilihlah template yang SEO dan Responsive. Anda bisa mendownload temanya di Arlinadzgn.com, sugeng.id, btemplate.com, atau di situs penyedia template lainnya.

Cara Daftar Google AdSense Step by Step

Jika anda telah berhasil memenuhi dan memahami semua tips, ketentuan, kebijakan, dan peraturan diatas, kini saatnya anda mendaftarkan blog anda di program periklanan Google AdSense. Untuk cara mendaftarnya anda bisa simak langkah-langkahnya step by step berikut ini:
1. Yang pertama, silahkan buka alamat ini https://www.google.com/adsense/signup?hl=en.
2. Silahkan anda login dengan akun gmail anda dengan mengeklik sign in.
Rahasia Daftar Google AdSense

3. Lalu masukkan alamat blog yang ingin anda daftarkan. Yaitu dengan menggunakan domain sendiri. Kemudian pilih bahasa yaitu bahasa Indonesia. Klik Continue.
Rahasia Daftar Google AdSense

4. Isikan sesuai identitas anda yang benar berdasarkan KTP. Data yang anda isi ini nantinya akan berkaitan dengan pengambilan bayaran yang telah anda terima.
Rahasia Daftar Google AdSense

5. Jika sudah muncul halaman ini, silahkan tunggu review pertama yang biasanya akan dikirim setelah beberapa jam kemudian. Email dari google berupa pemberitahuan diterima atau tidaknya anda.
Rahasia Daftar Google AdSense

6. Untuk email review pertama, kurang lebih bentuknya seperti ini. Jika sudah, tinggal tunggu review kedua yang mungkin agak lama.
Rahasia Daftar Google AdSense

7. Jika sudah mendapatkan email review kedua, kini saatnya anda bisa memasang kode iklan di blog anda.  Anda bisa memasangnya dengan membuka dashboard adsense > Klik tab iklan saya > +Unit iklan baru > Lalu pilih jenis iklan yang akan anda pasang. Saya anjurkan untuk memilih iklan yang responsive atau yang telah direkomendasikan google > Silahkan copas kode scriptnya dan pasanglah di blog anda
Rahasia Daftar Google AdSense


8. Jika sudah, sekarang anda tinggal mengembangkan dan mengoptimalkan blog anda dengan memperbanyak artikel. Undang semua pengunjung dengan lebih sering promosi, tapi jangan nyepam. Dan ingat, jangan klik iklan sendiri.
Demikan artikel saya mengenai Rahasia Dartar Google Adsense. Bila masih bingung, anda bisa tuliskan komentar dibawah sob. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca.

Post a Comment:

  1. Ari Kuncoro Mukti

    Maaf bang mau nanya..Baru mau buat blog ni dari awal..baru awal2 jg gk ngerti iapa2..pemilihan topik kykna jga masi bgg jga 🙁 kira2 kalo review ma info2 mengenai game gtu bisa diterima gk ya??makasih 🙂

    Balas Hapus
    • kholis

      Insyaallah bisa diterima mas.
      .
      . Kalau soal topik blog, sebaiknya pilih topik yang menjadi keahlian anda dan yang anda sukai mas. Dengan begitu, pasti ngetik artikelnya akan lebih mudah dan lebih menyenangkan.
      Kalau sudah menjadi keahlian pasti ngetik artikelnya akan lebih lancar. Postingannya akan lebih lancar, karena sudah pengalaman dan punya pengetahuan tentang topik tersebut.

      Hapus
    Balas
Tambahkan komentar

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini. Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur sara, kekerasan, dan porn. Terima kasih. :)