Daftarkan email kamu untuk mendapatkan tips dan panduannya GRATIS.

Social Items

Cara Mudah Membuat Blog Menjadi Mobile Friendly

Cara mudah membuat blog menjadi mobile friendly. Anda mungkin sering melihat tulisan mobile friendly ketika mengakses internet menggunakan perangkat smartphone. Ya, tulisan itu menandakan kalau website atau blog tersebut sudah mendukung atau support perangkat mobile. Mungkin ketika anda menemukan tulisan seperti itu yang hampir pada semua web yang berada di halaman awal google, membuat anda bertanya,

Cara Mudah Membuat Blog Menjadi Mobile Friendly
Cara Mudah Membuat Blog Menjadi Mobile Friendly


"Apa sih maksud dari tulisan mobile friendly?"
"Apa manfaatnya jika blog kita terdapat tulisan mobile friendly?"

Dari pertanyaan diatas, sebenarnya jawabannya sangat simpel. Seperti penjelasan diatas, yaitu setiap web yang bertanda mobile friendly itu artinya sudah mendukung perangkat mobile. Sedangkan manfaat dari blog atau web yang terdapat tulisan mobile friendly adalah
  • Ukuran web atau blog bisa menyesuaikan ukuran layar setiap ponsel atau smartphone.
  • Setiap gambar atau foto maupun video yang dipostingkan bisa menyesuaikan ukuran ponsel.
  • Memudahkan para pengunjung yang mengujungi blog melalui ponsel, sebab tidak perlu memperbesar dan memperkecil serta geser kanan dan geser kiri.
  • Bisa meningkatkan kualitas SEO dari blog tersebut. Sehingga bisa lebih mudah mendapakan posisi halaman pertama dari mesin pencari.
  • Pengunjung akan merasa nyaman dengan tampilan yang bsia menyesuaikan layar ponsel. Akhirnya pengunjung yang mengakses dari ponsel akan menjadi bertambah banyak.
Setelah anda mengetahui maksud dan manfaat dari mobile friendly, tentu kini anda paham mengapa setiap web atau blog harus mendukung mobile friendly. Sebab jika blog tidak mendukung mobile friendly, alan mempengaruhi rangking di halaman mesin pencari. Ini merupakan alasan kuat mengapa web atau blog harus mobile friendly.

Mobile friendly itu sendiri merupakan algoritma terbaru mesin pencari google mobilegeddon yang resmi diluncurkan pada tanggal 21 april 2015. Alasan google meluncurkan mobilegeddon ini dikarenakan banyaknya pengguna internet yang mengakses melalui perangkat smartphone atau ponsel. Dan sebab ini, mesin pencari akan lebih mempreoritaskan blog yang support dengan perangkat mobile atau mobile friendly.

"Lalu bagaimana caranya agar blog saya bisa mobile friendly mas?"

Sebenarnya sekarang sudah banyak template yang tersebar di dunia internet yang sudah mendukung mobile friendly. Template itu bisa anda download dan dipasang di blog anda sob. Jadi anda tidak perlu mengatur lagi agar blog bisa mobile friendly. Namun jika masih saja blog anda tidak mendukung mobile friendly, mungkin ada beberapa pengaturan yang perlu anda lakukan. Namun sebelum membahas bagaimana cara membuat blog menjadi mobile friendly, silahkan anda lihat terlebih dahulu apakah blog anda sudah mubile friendly atau belum. Silahkan simak penjelasannya.

Baca juga Cara memasang SEO Smart Link di blog

Cara mengetahui apakah blog anda mobile friendly atau tidak?

Untuk mengetahui blog anda sudah mobile friendly atau belum, sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengeceknya. Namun yang lebih mudah, anda bisa menggunakan tool geratisan dari goole yang dibuat khusus untuk mengecek blog mobile friendly. Untuk mengeceknya anda bisa kunjungi alamat google webmaster tools. Setelah anda mengeceknya, lihatlah apakah blog anda mobile friendly atau tidak. Jika tidak, segeralah untuk memperbaiki blog anda.
Membuat Blog Menjadi Mobile Friendly

Cara men-setting blog agar mobile friendly

Jika anda telah melakukan pengecekan mobile friendly dan ternyata blog anda tidak mobile friendly, maka yang harus anda lakukan adalah mensetting ulang agar blog anda bisa menjadi mobile friendly dan mendukung perangkan ponsel atau mobile. Berikut dua cara yang bisa anda lakukan:

1. Mengaktifkan laman versi seluler yang disediakan oleh blogger

Cara ini sangatlah mudah untuk anda lakukan. Anda hanya perlu merubah settingan laman dari blog milik anda. Silahkan lihat langkah-langkahnya:

a. Masuklah ke dashboard blog anda lalu pilih template.

Membuat Blog Menjadi Mobile Friendly

b. Klik icon gerigi sebelah edit HTML. Kemudian pilih 'Ya, tampilkan template seluler di perangkat seluler'. Di menu template seluler pilih Khusus. Lalu klik tombol simpan

Membuat Blog Menjadi Mobile Friendly

Sampai disini anda sudah berhasil mengaktifkan fitur mobile friendly pada blog atau web anda sob. Dengan cara ini anda tidak diwajibkan menggunakan template responsive, karena sudah diatur oleh blog itu sendiri secara otomatis.

2. Dengan menggunakan template blog responsive

Untuk pengaturan bagi blog yang telah menggunakan template responsive, pengaturannya sebenarnya sama dengan diatas. Namun ada tambahan yang bisa anda lakukan atau tidak dilakukan juga tidak apa-apa. Dengan cara diatas anda sudah bisa mencukupi kalau blog anda mobile friendly.

a. Masuk ke dashboard bloga anda dan bilih template

b. Kemudian klik icon gerigi. Disini anda bisa pilih 'Tidak, tampilkan template seluler di perangkat seluler'. Lihat gambar dibawah ini.

Membuat Blog Menjadi Mobile Friendly


Sebenarnya jika anda tidak ingin melakukan cara nomor dua itu tidak apa-apa. Namun dalam tampilan biasanya ada sedikit perbedaan. Jika ingin memastikan, silahkan anda cek sendiri antara pilihan ya dan pilihan tidak di perangkat selular anda.

Demikian tutorial dari saya mengenai cara membuat blog menjadi mobile friendly. Jika ada pertanyaan bisa ditanyakan dengan menuliskan komentar di bawah. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.

Post a Comment:

Tambahkan komentar

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini. Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur sara, kekerasan, dan porn. Terima kasih. :)